PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN “ POHON PERKALIAN “ DENGAN TEKNIK PERMAIANAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PERKALIAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SDN 6 LEMBUAK TAHUN PELAJARAN 2012/2013

RUSMIATI, RUSMIATI (2013) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN “ POHON PERKALIAN “ DENGAN TEKNIK PERMAIANAN UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PERKALIAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SDN 6 LEMBUAK TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi RUSMIATI (ini yg sdh di edit).doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa banyak siswa kelas 2 yang mengalami kesulitan dalam perkalian pada pelajaran Matematika. Penelitian ini adalah tindakan kelas dengan subjek kelas 2. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan konsep perkalian dengan media pohon perkalian pada siswa kelas 2 semester 2 di SDN 6 Lembuak tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengumpulan data observasi dan tes dengan analisis data dengan lembar observasi aktivitas guru dan siswa dan tes berupa tes uraian. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan teknik observasi dan tes akhir dalam setiap siklus pembelajaran. Penelitian ini dikatakan berhasil jika 85% siswa mendapat nilai minimal 65. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas pada siklus 1 adalah 57,2dengan prosentase siswa yang tuntas sebesar 66,67%. Pada siklus 2, rata-rata kelas mencapai 75,7 dengan prosentase siswa yang tuntas 88,57%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pohon perkalian dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam penguasaan konsep perkalian.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media Pembelajaran Pohon Perkalian, Tehnik Permainan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:24
Last Modified: 29 Sep 2018 03:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7967

Actions (login required)

View Item View Item