PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS 3 SD ISLAM AL-KARIMAH KECAMATAN PRAYA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sahlah, Siti (2013) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS 3 SD ISLAM AL-KARIMAH KECAMATAN PRAYA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITI SAHLAH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hasil belajar yang harus dicapai oleh siswa harus mencapai KKM dan KK supaya bisa dikatakan berhasil. Kurangnya minat dan motivasi serta hasil belajar siswa merupakan salah satu penyebab dari siswa belum mencapai nilai KKM dan KK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas 3 SD Islam Al-Karimah kecamatan Praya tahun pelajaran 2012/2013 dengan penerapan metode demonstrasi. Manfaat penelitian ini bagi guru yaitu untuk memperbaiki pembelajaran yang dikelolanya, guru dapat berkembang secara profesional. Bagi siswa yaitu siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan, meningkatkan hasil belajar siswa. Bagi sekolah yaitu sekolah mengalami perkembangan dan sekolah semakin maju. Metode demonstrasi adalah solusi yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 SD Islam Al-Karimah. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana dalam satu siklus dilaksanakan dalam satu kali pertemuan. Hasil dari penelitian menunjukkan, dengan penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas 3 SD Islam Al-Karimah dengan jumlah siswa 29 orang siswa, hasil belajarnya menunjukkan peningkatan, disamping aktivitas belajarnyapun semakin aktif. Hasil belajar siswa dari siklus ke siklus menunjukkan peningkatan, terbukti pada siklus I nilai rata-rata siswa 74 meningkat menjadi 81 pada siklus II, berarti peningkatannya 7. Pada siklus I ketuntasan klasikalnya 79,3% meningkat menjadi 90% pada siklus II, berarti peningkatannya 10,7%. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut, terjadi peningkatan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas 3 SD Islam Al-Karimah kecamatan Praya tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar dan Metode Demonstrasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:23
Last Modified: 29 Sep 2018 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7971

Actions (login required)

View Item View Item