PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD ISLAM IHYA’ ULUMUDDIN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

NURHAYATI, NURHAYATI (2013) PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD ISLAM IHYA’ ULUMUDDIN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURHAYATI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh guru kelas III SD Islam Ihya,Ulumuddin Kediri adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran matematika .Metode mengajar merupakan sarana interaksi guru dengan siswa didalam kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian yang perlu diperhatikan adalah ketetapan dalam memilih metode mengajar, metode mengajar yang dipilih harus sesuai dengan tujuan, jenis dan sifat materi yang diajarkan serta metode yang digunakan juga harus dilihat dari keadaan lingkungan (sarana/ prasarana) yang ada disekolah tersebut. Oleh karena itu akan diterapkan metode Discovery Learning. Metode ini menekankan pada aktivitas siswa menemukan sendiri suatu konsep dengan melakukan serangkaian kegiatan percobaan melalui bimbingan guru yang dilaksanakan secara kooperatif. Penelitian ini dilakukan untuks meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Islam Ihya’ Ulumuddin pada materi pokok perkalian dan pembagian melalui penerapan Discovery Learning tahun pelajaran 2013/2014. yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data yang diperoleh dalam proses pembelajaran dan observvasi berupa data kualitatif. Sedangkan data hasil evaluasi berupa data kuantitatif. Pada siklus I, dari 21 yang mengikuti evaluasi diperoleh persentase ketuntasan klasikal 66,67% dengan nilai rata-rata siswa adalah 65,95. Sedangkan hasil observasi siswa dengan total skor 34,94 dan rata-rata 17,49 dalam kriteria cukup aktif. Pada siklus II mengalami peningkatan dari siklus I, yaitu dari 21 siswa yang mengikuti evaluasi diperoleh persentase ketuntasan klasikal 85,71% dengan nilai rata-rata 76,57. Sedangkan hasil observasi siswa dengan total skor 47,63 dan rata-rata 23,81 dalam kategori tinggi. Dari hasil analisis yang telah digunakan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika materi pokok perkalian dan pembagian kelas III di SD Islam Ihya’ Ulumuddin tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar, Metode Discovery Learning, Matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:23
Last Modified: 29 Sep 2018 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7974

Actions (login required)

View Item View Item