PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL BERMEDIA KELERENG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 PERINA KECAMATAN JONGGAT TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

S A H N A N, S A H N A N (2013) PENERAPAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL BERMEDIA KELERENG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 1 PERINA KECAMATAN JONGGAT TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-III.doc
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kemampuan mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelaja-ran matematika di sekolah dasar, sebagai respons semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Dalam kegiatan pembelajaran di kelas, materi pembelajaran tidak kontekstual dan kinerja siswa rendah, baik pada proses maupun produk belajarnya. Sebagian besar guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pem-belajaran tradisional sehinggga keadaan tersebut berpotensi menimbulkan kejenuhan, kebosanan, serta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dilakukan di PTK dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok kecil bermedia kelereng. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Perina Kecamatan Jonggat Lombok Tengah dalam dua tahapan siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data aktivitas guru dan siswa diambil menggunakan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aktivitas siswa pada siklus I dan II meningkat dari rata-rata 59,17 pada siklus I, menjadi rata-rata 72,5 pada siklus II. Sedangkan, aktivitas guru menunjukkan peningkatan dari 72,08 pada siklus I menjadi 84,58 pada siklus II. Sementara itu, hasil evaluasi belajar siswa pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 71,42%, dengan nilai rata-rata 74,28 meningkat menjadi 85,71% dengan nilai rata-rata 85,23 pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi kelompok kecil bermedia kelereng dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok sifat-sifat operasi hitung bilangan di kelas IV SDN 1 Perina Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Diskusi Kelompok Kecil, Media, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:23
Last Modified: 29 Sep 2018 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7976

Actions (login required)

View Item View Item