PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SDN 2 BAREJULAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

PUSPITASARI, RINA (2013) PENERAPAN METODE GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SDN 2 BAREJULAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas IV SDN 2 Barejulat. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang masih di bawah nilai KKM. Disebabkan metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi serta kurang partisipasi siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan dapat mendorong siswa aktif maka diterapkan metode Guided Note Taking. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang. Data aktivitas guru, aktivitas siswa, diperoleh melalui lembar observasi sedangkan hasil belajar siswa diperoleh dari hasil evaluasi kemampuan menulis siswa yang diambil pada tahap pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan metode Guided Note Taking. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah ketuntasan klasikal minimal 85% dari keseluruhan siswa yang mendapatkan hasil ≥ 65, aktivitas siswa minimal berkategori aktif, dan aktivitas guru minimal berkategori baik. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dalam 2 siklus terjadi peningkatan. Pada siklus I skor aktivitas siswa adalah 15 dengan kategori cukup aktif sedangkan pada siklus II skor aktivitas siswa adalah 21dengan kategori aktif. Selain itu, rata-rata nilai hasil belajar siswa dalam 2 siklus adalah 73 dan 80. Rata-rata nilai siswa pada siklus II sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, hal ini disebabkan karena siswa aktif dalam proses pembelajaran. Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Guided Note Taking dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Guided Note Taking , Kemampuan Menulis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:22
Last Modified: 29 Sep 2018 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7989

Actions (login required)

View Item View Item