PENERAPAN METODE INKUIRI PADA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 1 BERAIM KECAMATAN PRAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Miskiah, Miskiah (2013) PENERAPAN METODE INKUIRI PADA PELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 1 BERAIM KECAMATAN PRAYA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPISI MISKIAH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan dapat mendorong siswa aktif mengikutinya maka diterapkan metode pembelajaran inkuiri. Metode pembelajaran ini mendorong siswa menemukan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Beraim Kecamatan Praya dengan menerapkan metode Pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Beraim Kecamatan Praya yang berjumlah 25 orang siswa terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi sedangkan data aktivitas siswa dan guru dikumpulkan melalui lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa dalam 2 siklus terjadi peningkatan, hasil observasi aktivitas guru pada siklus I pertemuan I = 14 pertuan II siklus I = 15 dengan kategori baik menjadi 17 dengat kategori sangat baik pada siklus II, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I = 11,75 dan pertemuan II siklus I = 18 dengan rendah menjadi 18 pada siklus II pertemuan I dengan kategori tinggi dan 19,50 pada pertemuan II siklus II. Selain itu rata-rata nilai evaluasi siswa berturut-turut dalam 2 siklus adalah 67,2 dan 76,4, dan rata-rata nilai ketuntasan belajar klasikal siklus 1 = 72,00% dan 92% pada siklus 2, hal ini disebabkan karena siswa aktif menemukan sendiri konsep-konsep yang ada dalam LKK sehingga materi yang dipelajari akan lama diingat. Dari hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode inkuiri, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:22
Last Modified: 29 Sep 2018 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7992

Actions (login required)

View Item View Item