PENERAPAN METODE INQUIRIY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR POKOK BAHASAN BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS II SDN TOLOT-TOLOT DESA GAPURA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Mianum, Mianum (2013) PENERAPAN METODE INQUIRIY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR POKOK BAHASAN BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS II SDN TOLOT-TOLOT DESA GAPURA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas II SDN Tolot-tolot, diperoleh nilai rata-rata semester ganjil matematika siswa kelas II terendah dibandingkan yang lain dan satu-satunya kelas yang nilai rata-ratanya di bawah 60,00. Pada pembelajaran di kelas, guru lebih banyak menggunakan metode ekspositori dalam menyampaikan materi serta jarang menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang mampu membangun konsep siswa. Pembelajaran seperti ini kurang mampu melatih kreativitas berpikir siswa sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa. Untuk itu diperlukan suatu model pembelajaran yang mampu merangsang dan mengembangkan kreativitas berpikir siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah metode Inquiry. Dalam penerapan metode Inquiry, guru berperan sebagai fasilitator sedangkan siswa aktif dan kreatif dalam menemukan sendiri suatu konsep, sehingga siswa akan lebih mampu mentransfer pengetahuannya kedalam pemecahan masalah. Siswa juga dilatih untuk mengerjakan soal-soal latihan secara individual. Aktivitas-aktivitas tersebut akan mampu meningkatkan kreativitas berpikir dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Data kreativitas berpikir siswa dan kreativitas guru dikumpulkan melalui lembar observasi sedangkan data prestasi belajar siswa dikumpulkan melalui tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor kreativitas berpikir siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya yaitu pada siklus I, dan II adalah 7 dan 9,75 dengan katagori sangat kreatif, dan kreatif . Rata-rata prestasi belajar siswa siklus I, dan II adalah 58 dan 76 . Peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I ke siklus II signifikan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Inquiry pada pembelajaran materi bangun datar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II SDN Tolot-tolot tahun pelajaran 2012 / 2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Prestasi Belajar,Metode Inquiry.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:22
Last Modified: 29 Sep 2018 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/7993

Actions (login required)

View Item View Item