PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAMATI, MENANYA, MENCOBA, MENALAR, MENGOMUNIKASIKAN (5M) DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 15 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018

APRILIANA, INDI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGAMATI, MENANYA, MENCOBA, MENALAR, MENGOMUNIKASIKAN (5M) DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SEGITIGA KELAS VII SEMESTER II SMP NEGERI 15 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (666kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan (5M) dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran segitiga kelas VII C SMP Negeri 15 Mataram tahun pelajaran 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data hasil observasi keterampilan 5M siswa dan kegiatan guru yang diperoleh dari lembar observasi pada tiap pertemuan dan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Keterampilan mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengomunikasikan dikatakan meningkat apabila masing-masing keterampilan minimal berkategori aktif. Prestasi belajar dikatakan meningkat apabila tercapai ketuntasan belajar secara klasikal minimal 85%. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengamati, mencoba, dan menalar berkategori sangat aktif, sedangkan keterampilan menanya dan mengomunikasikan berkategori aktif. Kemudian, hasil akhir evaluasi ketuntasan klasikal belajar siswa diperoleh 93,5%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri secara optimal pada pembelajaran segitiga dapat meningkatkan keterampilan 5M dan prestasi belajar siswa kelas VII C SMPN 15 Mataram tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): model pembelajaran inkuiri, mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengomunikasikan, dan prestasi belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:19
Last Modified: 29 Sep 2018 03:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8035

Actions (login required)

View Item View Item