PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUT DOOR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 03 SELONG TAHUN AJARAN 2012/2013

DEWI, APRILYA LATSARI (2013) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN OUT DOOR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 03 SELONG TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-V hasil editan UCI.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 03 Selong di antaranya disebabkan oleh penerapan metode yang kurang tepat dimana selama proses pembelajaran guru selalu menerapkan metode pembelajaran yang terpusat pada guru, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran serta tidak pernah memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai tempat melakukan proses pembelajaran pada mata pelajara IPS. Aktivitas belajar siswa yang rendah berdampak pada hasil belajar siswa, dilihat dari nilai rata-rata siswa yaitu 64,3 dan mencapai ketuntasan klasikal sebesar 73,3% yang masih di bawah standard ketuntasan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka pada penelitian ini diterapkan Metode Out Door (Mengajar Anak di Luar Kelas). Metode Out Door (Mengajar Anak di Luar Kelas) merupakan suatu penyelenggaraan pembelajaran yang dilakukan di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 3 Selong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SDN 03 Selong yang berjumlah 31 orang, terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 14 perempuan. Langkah penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan melalui lembar observasi, sedangkan data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklus. Pada siklus I, perolehan rata-rata skor aktivitas belajar siswa adalah 41,00 dengan kategori cukup aktif. Sedangkan pada siklus II, perolehan rata-rata skor aktivitas belajar siswa adalah 51,00 dengan kategori aktif. Selain itu, peningkatan terjadi pada rata-rata ketuntasan hasil belajar IPS siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 69,45 menjadi 81,83 dengan persentase 77,41% menjadi 83,87%. Berdasarkan hasil keseluruhan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Out Door dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 03 Selong.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Out Door, Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:19
Last Modified: 29 Sep 2018 03:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8042

Actions (login required)

View Item View Item