MARTIYANI, NI NENGAH (2013) PENERAPAN METODE SAS DENGAN PENGGUNAAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS I SDN 1 SANDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI.doc Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan menulis permulaan siswa kelas I SDN 1 Sandik. Hal ini disebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam menulis simbol huruf, demikian juga dengan penyusunan kalimat dalam meniru atau menjiplak tulisan serta kerapian dalam menulis kalimat . Masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode SAS dengan media kartu kata dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas I SDN 1 Sandik? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan dengan penggunaan metode struktural analisis sintesis (SAS) pada siswa kelas I SDN 1 Sandik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah metode tes essay menjiplak huruf dan metode observasi. Berdasarkan hasil analisis data, rata-rata tes hasil belajar siswa adalah sebesar 61,3 (siklus), 76 (siklus II). Ketuntasan belajar siswa berturut-turut dari siklus I (72,2%), dan siklus II (88,6%) serta aktifitas belajar siswa siklus I dengan persentase rata-rata 60% katagori cukup aktif, dan siklus II persentase rata-rata 82,2% katagori aktif. Hasil ini menunjukkan penggunaan metode SAS dengan media kartu kata dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa kelas I SDN 1 Sandik dapat dikatakan berhasil.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Metode struktural analisis sintesis ( SAS), meningkatkan kemampuan menulis permulaan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 29 Sep 2018 03:19 |
Last Modified: | 29 Sep 2018 03:19 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8047 |
Actions (login required)
View Item |