PENERAPAN METODE STAD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 4 JAGARAGA KECAMATAN KURIPAN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

RAKYAH, RAKYAH (2013) PENERAPAN METODE STAD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 4 JAGARAGA KECAMATAN KURIPAN LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
5.BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)

Abstract

Rumusan permasalahan yang ada dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penggunaan metode STAD dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan Hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Jagaraga Kecamatan Kuripan Lombok Barat tahun pelajaran 2012/2013?. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang penggunaan metode STAD dalam pembelajaran matematika dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 4 Jagaraga Kecamatan Kuripan Tahun Pelajaran 2012/2013. Manfaat penelitian ini adalah siswa mendapat pengalaman baru dengan diterapkannya strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD, siswa lebih termotivasi untuk belajar, terbentuknya sikap kerjasama antar siswa dalam menyelesaikan suatu masalah, guru memiliki pengalaman baru dalam kegiatan pembelajaran dan guru berhasil dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas (PTK). PTK dapat didefinisikan sebagai sebuah proses investigasi yang berdaur ulang dan bersifat reflektif mandiri yang dilakukan oleh guru/calon guru yang memiliki tujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan terhadap system, cara kerja , proses, isi, kompetensi atau situasi pembelajaran. Subyek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 4 Jagaraga yang berjumlah 37 orang. Metode pada penelitian ini adalah metode tes dan metode observasi. Metode tes dilakukan setelah tes awal,tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II. Sedangkan metode observasi dilakukan terhadap subyek penelitian.proses yang diamati adalah aktivitas siswa dan guru dengan berpedoman pada lembar observasi. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa pengamatan aktivitas siswa dan guru pada akhir pembelajaran, dan data hasil evaluasi siswa pada setiap siklus. Setelah dilakukan analisis data diperoleh peningkatan prestasi belajar siswa setelah siklus I dan II masing-masing sebesar 63=59% da78 =86%.Peningkatan aktivitas mengajar guru sebesar 15 dan 21 dan peningkatan aktivitas belajar siswa 13,5 dan 21,5. Dengan demikian penggunaan metode STAD dalam pembelajaran matematika, prestasi belajar siswa kelas V SDN 4 Jagaraga Kecamatan Kuripan Lombok Barat Tahun Pelajaran 2012/2013 lebih meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): STAD, Hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:18
Last Modified: 29 Sep 2018 03:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8060

Actions (login required)

View Item View Item