PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS POKOK BAHASAN GERAK BENDA DAN ENERGI PADA SISWA KELAS III SDN 6 KEBON AYU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Hermawati, Hermawati (2013) PENERAPAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS POKOK BAHASAN GERAK BENDA DAN ENERGI PADA SISWA KELAS III SDN 6 KEBON AYU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP .docx
Restricted to Repository staff only

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal terhadap pelaksanaan pembelajaran pada siswa kelas III di SDN 6 Kebon Ayu, bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rata-rata di bawah KKM(kriteria ketuntasan minimal) 60. Untuk mengatasi masalah ini dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sains dengan menerapkan metode tutor sebaya. Dengan subyek penelitian adalah semua siswa kelas III SDN 6 Kebon Ayu yang berjumlah 17 orang yang terdiri dari 9 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini (PTK) terdiri dari 2 (dua) siklus dengan alur penyusunan yakni perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar evaluasi(soal – soal). Hasil penelitian disimpulkan bahwa pada siklus I, aktivitas belajar siswa 54,40% dengan cukup aktif. Pada siklus II mengalami peningkatan 72,92% dengan kriteria aktif. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I dan II mengalami peningkatan prosentase ketuntasan belajar klasikal yakni 64,70% menjadi 94,11%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahawa aktivitas dan hasil pembelajaran sains dengan menerapkan metode tutor sebaya pada siswa kelas III SDN 6 Kebon Ayu tahun ajaran 2012/2013 meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Tutor Sebaya, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:18
Last Modified: 29 Sep 2018 03:18
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8065

Actions (login required)

View Item View Item