HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN GUGUS III KECAMATAN LABUAPI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Yunianti, Annisa (2018) HUBUNGAN ANTARA KEAKTIFAN DENGAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SDN GUGUS III KECAMATAN LABUAPI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL ANNISA YUNIANTI.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian korelasional (correlational research) yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keaktifan dengan hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Labuapi tahun pelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini menggunakan desain korelasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Labuapi, sedangkan untuk sampelnya adalah kelas IV SDN 3 Terongtawah dan SDN 4 Bajur. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi keterlasanaan pembelajaran, lembar observasi keaktifan siswa, dan tes hasil belajar kognitif (posttest). Data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri dianalisis menggunakan analisis deskriptif yaitu rata-rata keterlaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan selama tiga kali pertemuan mencapai 49,37 (Baik). Data hasil belajar dan observasi keaktifan siswa yang sudah dilaksanakan dan dianalisis dengan teknik statistik inferensial yaitu menggunakan analisis korelasi Pearson Product Moment, diperoleh α sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% dan nilai Pearson Correlation (r) sebesar 0,838 dan termasuk dalam korelasi tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Hipotesis penelitian diterima berbunyi terdapat Hubungan antara Keaktifan dengan Hasil Belajar PKn Siswa kelas IV SDN Gugus III Kecamatan Labuapi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tahun Pelajaran 2017/2018. Penggunaan model pembelajaran inkuiri dalam mata pelajaran PKn dapat mengaktifkan siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keaktifan, Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar PKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:17
Last Modified: 29 Sep 2018 03:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8082

Actions (login required)

View Item View Item