“PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS SISWA KELAS V SDN 24 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2013-2014”

YULIANA, BAIQ (2013) “PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SAINS SISWA KELAS V SDN 24 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2013-2014”. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2. SKRIPSI BAB I-V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti, prestasi belajar siswa kelas V SDN 24 Ampenan masih rendah. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang dilakukan guru lebih sering menggunakan metode pengajaran yang konvensional, guru jarang menerapkan model pembelajaran yang bersifat kooperatif. Berdasarkan uraian tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimanakah Penerapan Model Cooperative Learning teknik Make a Match dapat meningkatkan prestasi belajar Sains siswa kelas V SDN 24 Ampenan tahun pelajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Sains siswa kelas V SDN 24 Ampenan Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Data aktivitas guru dan siswa diambil melalui metode observasi, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yakni tahap perencanaan, pelaksanaan , pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data, aktivitas guru pada siklus I dan II meningkat dari 77% menjadi 93%. Aktivitas siswa pada siklus I meningkat dari 77% menjadi 95% pada siklus II. Sementara itu, rata-rata hasil belajar siswa yang dicapai pada siklus I adalah 73,79 dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 81,03. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I diperoleh 76% dan meningkat pada siklus II menjadi 93%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning teknik Make a Match dapat meningkatkan prestasi belajar Sains siswa kelas V SDN 24 Ampenan tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teknik Make a Match, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:17
Last Modified: 29 Sep 2018 03:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8085

Actions (login required)

View Item View Item