PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI RAUDLATUSSHIBYAN NW BELENCONG MATERI POKOK OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

RAODAH, SITI (2013) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MI RAUDLATUSSHIBYAN NW BELENCONG MATERI POKOK OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas(PTK), dimana terdapat beberapa siklus dengan beberapa tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes dan observasi. Dimana pada siklus I hasil prestasi siswa dengan rata-rata kelas 73,81 dan persentase ketuntasan klasikalnya mencapai 84,6%. Untuk siklus II nilai rata-rata siswa 83,81 dan persentase ketuntasan klasikalnya mencapai 92%. Sedangkan untuk skor aktivitas siswa pada siklus I mencapai 2,54 dengan kriteria cukup aktif dan pada siklus II skor rata-rata aktivitas siswa mencapai 3,08 dengan kriteria aktif.model pembelajarn. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL) merupakan salah satu media untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa kelas IV MI Raudlatusshibyan NW Belencong materi pokok bilangan pecahan tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Problem Based Learning (PBL), Aktivitas Belajar, Hasil Belajar,operasi hitung, pecahan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:16
Last Modified: 29 Sep 2018 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8089

Actions (login required)

View Item View Item