Penerapan Model Pembelajaran Cooperatife Tipe Student Team Achievement Divission (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 5 Bungtiang Tahun Pelajaran 2012/2013

YUSRAN, MUHAMMAD (2013) Penerapan Model Pembelajaran Cooperatife Tipe Student Team Achievement Divission (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 5 Bungtiang Tahun Pelajaran 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ABSTRAK.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukannya permasalahan bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam siswa masih rendah. Hal itu disebabkan karena guru masih menggunakan metode ceramah saja dan guru tidak menggunakan model pembelajaran yang variasi sehingga menyebabkan pembelajaran kelas menjadi monoton. Akibatnya siswa menjadi jenuh dan pembelajaran bersifat pasif. Berdasarkan masalah yang ditemukan, maka tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan STAD. Manfaat penelitian ini adalah Sebagai bahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Data aktivitas guru dan siswa diambil menggunakan lembar observasi, sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada setiap siklus. Dari hasil evaluasi siswa pada siklus I diperoleh persentasi ketuntasan belajar siswa sebesar 59,1%, sedangkan pada siklus II diperoleh persentasi ketuntasan belajar sebesar 81,8%. Sehingga terjadi peningkatan persentasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 22,8%. Jadi dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Model Pembelajaran Studi Team Achievement Divission (STAD) pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 5 Bungtiang Tahun Pelajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Cooperatife Tipe STAD Hasil Belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:16
Last Modified: 29 Sep 2018 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8092

Actions (login required)

View Item View Item