PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA TAMU (DTDT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 2 TELAGAWARU TAHUN AJARAN 2012/2013

MARIAM, HIDAYATUL (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA TAMU (DTDT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 2 TELAGAWARU TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)

Abstract

Daya serap pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 2 Telagawaru masih rendah. Hal ini terlihat pada hasil ujian semester II mata pelajaran IPA kelas IV tahun ajaran 2011/2012, dari 22 orang siswa hanya 9 siswa (41%) yang tuntas belajarnya dengan KKM 65. Melihat kondisi ini perlu diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan model kooperatif tipe Dua Tinggal Dua Tamu (DTDT) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 2 Telagawaru. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yang cukup signifikan, baik pada aktivitas maupun hasil belajarnya. Hasil siklus I ini telah mencapai indikator ketuntasan klasikal sebesar 71,43% dari 28 orang siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 65, rata-rata kelas 71,07 dan aktivitas siswa pada pertemuan 1 dan 2 berkategori aktif. Pada siklus II ketuntasan belajar klasikal mencapai 89,29% dari 28 orang siswa, rata-rata kelas 76,61 dan aktivitas siswa pada pertemuan 1 dan 2 berkategori sangat aktif. Dengan demikian penerapan metode DTDT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 2 Telagawaru tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode DTDT, Aktivitas, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:16
Last Modified: 29 Sep 2018 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8095

Actions (login required)

View Item View Item