PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 2 PERINA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

MARJUNITA, MARJUNITA (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 2 PERINA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI edit (Repaired).docx
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan guru/peneliti, hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Perina masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena proses pembelajaran yang dilakukan guru yaitu guru masih mentransfer pengetahuan ke siswa serta penggunaan kegiatan diskusi belum terfokus pada model pembelajaran kooperatif. Berdasarkan uraian tersebut rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Perina tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Perina tahun pelajaran 2012/2013. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Data aktivitas guru dan siswa diambil dengan metode observasi, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan enam kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perncanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi serta refleksi. Berdasarkan hasil analisis data,aktivitas siswa pada siklus I dan II meningkat dari rata-rata 63,54% menjadi rata-rata 91,25%. Aktivitas guru pada siklus I 81,25% meningkat menjadi 91,74% pada siklus II. Sementara itu rata-rata hasil belajar siswa yang dicapai pada siklus I adalah 69,17, dan siklus II meningkat dengan nilai rata-rata 82,5. Sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I diperoleh 66,67% dan meningkat pada siklus II menjadi 95,83%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Perina Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model STAD, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:16
Last Modified: 29 Sep 2018 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8099

Actions (login required)

View Item View Item