PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 01 SEPIT TAHUN PELAJARAN 2012/2013

HIDAYATI, MAULIDATUL (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SDN 01 SEPIT TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Sepit Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Sepit yang terdiri dari 13 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus,setiap siklus dilaksanakan melalui tahapan-tahapan: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengamatan dan tes evaluasi belajar. Keseluruhan data dianalisis secara kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pada pelaksanaan tindakan siklus I diperoleh rerata aktivitas siswa sebesar 2,4 dengan kategori cukup aktif meningkat menjadi 3,60 pada siklus II dengan kategori aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan rerata sebesar8,11dan ketuntasan klasikal mencapai 66,67%. Pada siklus II rerata hasil belajar meningkat menjadi 86,67 dan ketuntasan klasikal sebesar 96,30%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu alternativ model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aktivitas, HasilBelajar Matematika, Model STAD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:16
Last Modified: 29 Sep 2018 03:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8103

Actions (login required)

View Item View Item