Fil’arsani, Agum (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SDN 3 KEMBANG KERANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
ISI SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe Time Token dalam meningkatkan keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN Kembang Kerang Tahun 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Data aktivitas siswa dikumpulkan melalui teknik observasi sedangkan hasil belajar siswa dikumpulkan melalui teknik tes. Setelah itu, data yang terkumpul dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Adapun langkah-langkah penerapa metode Time Token adalah a) guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar; b) guru mengkondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning); c) guru memberikan setiap siswa kupon berbicara dengan waktu 30-60 detik untuk mengungkapkan tanggapan terhadap gambar yang di amati; d) bila telah selesai berbicara menyampaikan tanggapan, kupon yang dipegang siswa diserahkan kembali pada guru; f) siswa yang telah habis kupon berbicaranya, tidak boleh berbicara lagi, dan siswa yang lain yang masih memegang kupon harus bicara sampai kupon bicaranya habis; g) sehingga semua siswa memiliki hak bicara yang sama, dan sampai semua siswa berbicara (menyampaikan tanggapan); h) guru dan siswa mengambil atau membuat kesimpulan bersama dari hasil diskisi; i) guru menutup pelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh capaian aktivitas belajar siswa sebesar 12,3 dengan kategori cukup aktif dan nilai rata-rata kelas mencapai 69,44 dengan ketuntasan klasikal 74,07%. Sedangkan pada siklus II diperoleh capaian aktivitas siswa sebesar 16,06 dengan kategori aktif dan nilai rata-rata kelas mencapai 78,19 dengan ketuntasan klasikal 88,41%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Time Token dapat meningkatkan keterampilan berbicara Siswa kelas V SDN 3 Kembang Kerang Tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Time Token, Keterampilan berbicara |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 29 Sep 2018 03:15 |
Last Modified: | 29 Sep 2018 03:15 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8104 |
Actions (login required)
View Item |