PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 1 MEREMBU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HASANAH, USWATUN (2018) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SDN 1 MEREMBU TAHUN PELAJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL USWATUN HASANAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan alat peraga pada siswa kelas V SDN 1 Merembu dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga Corong Berhitung terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V di SDN 1 Merembu tahun pelajaran 2017/2018. Desain penelitian ini menggunakan pretest-posttest Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Merembu dengan jumlah siswa 37 orang siswa dan SDN 2 Merembu dengan jumlah siswa 17 orang siswa, sedangkan sampelnya adalah kelas V SDN 1 Merembu sebagai kelas eksperimen dan kelas V SDN 2 Merembu sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t. Diperoleh thitungsebesar 2,976 sedangkan ttabel sebesar 2,000 pada taraf signifikan 5%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan alat peraga Corong Berhitung dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 1 Merembu tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Corong Berhitung, Hasil BelajarMatematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 29 Sep 2018 03:21
Last Modified: 29 Sep 2018 03:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8156

Actions (login required)

View Item View Item