PENANDA KESANTUNAN IMPERATIF DALAM BAHASA SUMBAWA DI DESA MAPIN REA KECAMATAN ALAS BARAT

Gafur, Abdul (2018) PENANDA KESANTUNAN IMPERATIF DALAM BAHASA SUMBAWA DI DESA MAPIN REA KECAMATAN ALAS BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL ABDUL GAFUR (E1C014001).pdf

Download (583kB) | Preview

Abstract

Kesantunan merupakan bagian yang harus dimiliki oleh semua orang pada setiap kegiatan yang dilakukannya, salah satunya dalam kegiatan berkomunikasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penanda kesantunan imperatif dalam bahasa Sumbawa di Desa Mapin Rea Kecamatan Alas Barat, (2) Bagaimanakah strategi kesantunan pada tuturan imperatif dalam bahasa Sumbawa di Desa Mapin Rea Kecamatan Alas Barat. Tujuan dalam penelitian ini ada dua yaitu (1) Mendeskripsikan pananda kesantunan imperatif dalam bahasa Sumbawa di Desa Mapin Rea Kecamatan Alas Barat, (2) Mendeskripsikan strategi kesantunan pada tuturan imperatif dalam bahasa Sumbawa di Desa Mapin Rea Kecamatan Alas Barat. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah metode,simak dan cakap. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode padan intralingual dan metode padan ekstralingual. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: (1) Penanda kesantunan imperatif dalam bahasa Sumbawa di desa Mapin Rea Kecamatan Alas Barat berbentuk kata, klausa dan kalimat, (2) Dari keempat srategi yang dikemukakan oleh Brown dan Levinson, kesantunan pada tuturan imperatif oleh masyarakat Desa Mapin Rea menggunakan keempat strategi tersebut, diantaranya, tanpa strategi, strategi kesantunan positif, strategi kesantunan negatif, dan strategi tidak langsung.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): tuturan, kesantunan, imperatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 01 Oct 2018 06:41
Last Modified: 01 Oct 2018 06:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8159

Actions (login required)

View Item View Item