PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI KELAS VII SMPN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2017/2018.

Agung Putri Adi Satriani Dalem, Anak (2018) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENYAJIAN DATA DI KELAS VII SMPN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL FIX.pdf

Download (719kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar matematika pada materi penyajian data di kelas VII SMPN 2 Mataram tahun ajaran 2017/2018. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif eksperimen dengan jenis penelitian Quasi experimental. Peneliti memilih salah satu desain dari Quasi experimental design yaitu Post Test Only Non Equivalent Group Design. Hasil belajar peserta didik diketahui melalui pemberian post test pada materi penyajian data di kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Adapun kelas sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas VII D sebagai kelas eksperimen dengan model kooperatif tipe NHT dan VII E sebagai kelas eksperimen dengan model kooperatif tipe TPS. Berdasarkan analisis data maka dapat diketahui bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) maupun model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada materi penyajian data di kelas VII SMPN 2 Mataram tahun ajaran 2017/2018 efektif ditinjau dari hasil belajar peserta didik. Namun tidak terdapat perbedaan keefektifan secara signifikan antara hasil belajar matematika peserta didik setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT maupun tipe TPS.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS, Hasil belajar peserta didik, Penyajian Data
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:16
Last Modified: 03 Oct 2018 02:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8202

Actions (login required)

View Item View Item