Selamet, I Komang (2018) PENGARUH KEMAMPUAN MENGELOLA DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 BATULAYAR. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
ARTIKEL I KOMANG SELAMET (E1R014025).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Mata pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang mempunyai peran penting. Namun dalam pelaksanaannya masih ditemukan beberapa masalah seperti siswa mengganggu temannya, mengobrol, bercanda dan sebagainya. Perilaku itu semua mencirikan suatu pengelolaan diri yang belum baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kemampuan mengelola diri siswa dan (2) seberapa besar pengaruh kemampuan mengelola diri terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini melibatkan dua variabel yaitu kemampuan mengelola diri sebagai variabel bebas dan hasil belajar matematika sebagai variabel terikat. Penelitian ini termasuk penelitian ex-post-facto. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Sampling Jenuh atau Sensus dimana semua populasi dijadikan sebagai sampel. Ukuran populasi sekaligus sebagai sampel sebanyak 81 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan linier. Selanjutnya uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) 88,89% siswa memiliki tingkat kemampuan mengelola diri tergolong baik dan rata-rata nilai kemampuan mengelola diri 76,27, (2) nilai
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | kemampuan mengelola diri, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 02:15 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 02:15 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8220 |
Actions (login required)
View Item |