PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA NARASI SISWA KELAS III SDN 1 PERAMPUAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Apriliyana, Evi (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA NARASI SISWA KELAS III SDN 1 PERAMPUAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI EVI APRILIYANA (E1E 110 023).rtf
Restricted to Repository staff only

Download (65MB)

Abstract

Dari hasil pengamatan yang dilakukan di SDN 1 Perampuan, rendahnya kemampuan menulis pada siswa kelas III disebabkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam penyampaian materi menulis karangan narasi. Hal ini terlihat dari kurangnya kemampuan menulis siswa dalam beberapa aspek yaitu penggunaan tanda baca, siswa kesulitan menuangkan idenya ke dalam bentuk tulisan, dan kurangnya kemampuan siswa dalam mengembangkan paragraf. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas III SDN 1 Perampuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan proses tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan hasil belajar siswa yang dikumpulkan melalui tes pada setiap akhir siklus. Selanjutnya data yang dikumpulkan, dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 58,37 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar 76,75 terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 18.38. Persentase ketuntasan klasikal siklus I adalah 51,35% dengan ketuntasan siswa hanya 19 siswa, kemudian terjadi peningkatan persentase ketuntasan klasikal pada siklus II 89,18% dengan ketuntasan siswa meningkat menjadi 33 siswa. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan pengembangan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita narasi siswa kelas III Sekolah Dasar 1 Perampuan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Picture and Picture, Keterampilan Menulis, Narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:13
Last Modified: 03 Oct 2018 02:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8244

Actions (login required)

View Item View Item