PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SELENGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013.

Rahman, Eni Anita.A. (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SELENGEN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
RINGKASAN SKRIPSI MAMAK 2.docx

Download (106kB)

Abstract

Rendahnya daya serap siswa pada materi pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 2 Selengen tahun pelajaran 2012/2013 merupakan masalah yang perlu segera ditindak lanjuti. Hal ini terlihat pada hasil ulangan umum semester I tahun pelajaran 2012/2013. Siswa yang mencapai KKM yaitu 60 hanya 13 siswa dari 25 siswa, artinya siswa yang mencapai KKM hanya rata-rata 56,5 %. Berdasarkan kondisi ini perlu diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Selengen tahun pelajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Selengen. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pada KD 2.3: Mengenal perkembangan teknologi komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya, dengan materi alat komunikasi pada siklus 1dan alat transportasi pada siklus II. Hasil penelitian pada siklus I hanya 17 Siswa tuntas dan yang tidak tuntas 8 siswa dari 25 siswa yang mengikuti tes, yang mendapatkan nilai diatas KKM dengan ketuntasan klasikal mencapai 68% dan yang tidak tuntas mencapai 32% dengan nilai rata-rata ketercapaian klasikal kelas 64%.Peneliti melanjutkan upaya perbaikan hasil belajar pada siklus II, hasil nilai rata-ratanya meningkat menjadi 78. Siswa yang tuntas 21 siswa dan tidak tuntas 4 siswa dari 25 siswa yang mengikuti tes. Ketuntasan belajar klasikal dapat dicapai 84%. Hasil ini menunjukkan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 2 Selengen tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tipe Jigsaw dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:13
Last Modified: 03 Oct 2018 02:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8246

Actions (login required)

View Item View Item