PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 2 JURANG JALER LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013

ERNAWATI, ERNAWATI (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SDN 2 JURANG JALER LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
cover.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan metode inkuiri di kelas IV SDN 2 Jurang Jaler Lombok Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data aktifitas siswa dikumpulkan melalui teknik observasi sedangkan data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I yaitu 67,80 dan siklus II yaitu 85,20 artinya terjadi peningkatan hasil belajar 14,47. Sedangkan aktifitas siswa pada siklus I mencapai 62,5% dengan kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II mencapai 84,3% dikategorikan sangat aktif, terjadi peningkatan aktifitas siswa sebesar 20,8%. Kemudian ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 66,6% dan siklus II mencapai 91,7% artinya terjadi peningkatan sebesar 25,1%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 2 Jurang Jaler Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): CTL Inkuiri, IPA, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:13
Last Modified: 03 Oct 2018 02:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8248

Actions (login required)

View Item View Item