PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KENAWA LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Akmaludin, Akmaludin (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN KENAWA LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB IV & V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukanya permasalahan yaitu saat proses belajar mengajar berlangsung sebagian besar siswa masih kurang berani untuk mengeluarkan pendapat jika sedang diskusi atau lainya dan kurang berani bertanya pada saat menemukan kesulitan dalam belajar, dari hal tersebut diketahui keaktifan siswa dalam megikuti pembelajaran di kelas tergolong rendah .Penelitian ditujukan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dengan metode inkuiri di kelas IV SDN Kenawa Lombok Tengah. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data aktifitas siswa dikumpulkan melalui teknik observasi sedangkan data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktifitas siswa pada siklus I mencapai 2,5% dengan kategori kurang aktif, sedangkan pada siklus II mencapai 3,1% dikategorikan cukup aktif, terjadi peningkatan aktifitas siswa sebesar 6%. Hasil belajar dari siklus I yaitu 67,8 dan siklus II yaitu 74,06 artinya terjadi peningkatan hasil belajar 6,26. Kemudian ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 65,6% dan siklus II mencapai 100% artinya terjadi peningkatan sebesar 34,4%. Sedangkan Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa di kelas IV SDN Kenawa Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): CTL Inkuiri, IPA, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:13
Last Modified: 03 Oct 2018 02:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8249

Actions (login required)

View Item View Item