PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MEPA-BEPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN IPS SEMESTER GANJIL DI KELAS 5 SDN 1 SANTONG TAHUN 2013/2014

HARIS, MAJRAN (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK MEPA-BEPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBELAJARAN IPS SEMESTER GANJIL DI KELAS 5 SDN 1 SANTONG TAHUN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Teknik Mepa-Bepa pada Materi Pelajaran IPS Pokok Bahasan mengenal peninggalan kerajaan Hindu, Budha, dan Islam di kelas V SDN 1 Santong. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SDN 1 Santong yang berjumlah 46 orang siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan dan tes evaluasi belajar. Keseluruhan data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian ini berhasil mencapai tujuan. Hasil pelaksanaan tindakan siklus I diperoleh rerata hasil belajar siswa sebesar 70,00 dan ketuntasan klasikal sebesar 67,66%. Pada siklus II rerata hasil belajar siswa meningkat menjadi 77, 87 dan ketuntasan klasikal meningkat menjadi 80,43 %.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teknik Mepa-Bepa, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:13
Last Modified: 03 Oct 2018 02:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8251

Actions (login required)

View Item View Item