PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 1 TELAGA WARU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

HALIMATUSSAKDIAH, SITI (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 1 TELAGA WARU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HALIMATUSSAKDIAH.doc
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi “mengenal fungsi organ tubuh manusia dan hewan” penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 1 Telagawaru dengan subyek 33 orang siswa yang terdiri dari 23 laki-laki dan 10 siswa perempuan, penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan 2 siklus, tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: Perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan refleksi. Data kegiatan guru dan aktivitas siswa diperoleh dengan lembar observasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dengan tes essay dan pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas belajar siswa pada pertemuan pertama diperoleh 64% dan meningkat pada pertemuan kedua menjadi 77% dengan kategori cukup aktif menjadi aktif dan diperoleh hasil belajar siswa secara klasikal adalah 51%. Untuk aktivitas guru pada pertemuan pertama diperoleh 79% meningkat menjadi 81% dengan kategori baik, pada siklus II diperoleh skor aktivitas siswa pada pertemuan pertama 79% dan 85% pada pertemuan kedua dengan kategori aktif dan diperoleh hasil tes evaluasi siswa secara klasikal adalah 75%. Jumlah siswa yang tuntas 25 orang dan yang belum tuntas 8 orang. Untuk aktivitas guru pada siklus II pada pertemuan pertama diperoleh 88% dan 92% pertemuan kedua dengan kategori sangat aktif. Aktivitas dan hasil belajar siswa, aktivitas guru dari siklus I kesiklus II mengalami peningkatan. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas V SDN I Telagawaru Tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jigsaw, meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:13
Last Modified: 03 Oct 2018 02:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8253

Actions (login required)

View Item View Item