PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATAKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA PADA SISWA KELAS IV SD ISLAM DARUSSALAM KETAPANG LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013

RAKMAH, SITI (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATAKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA POKOK BAHASAN GAYA PADA SISWA KELAS IV SD ISLAM DARUSSALAM KETAPANG LINGSAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Islam Darussalam mengingat rendanya aktivita belajar siswa pada kealas tersebut sehingga hasil belajarnya pun jauh dibawah standar. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif yang berarti memaparkan data yang diperoleh melalui observasi, latihan soal dan tes hasil belajar pada setiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Darussalam Ketapang-Lingsar pembelajaran 2012 / 2013, dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 14 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Kerja Siswa, observasi terhadap siswa dan guru. Pengambilan data hasil belajar menggunakan instrumen tes evaluasi 15 butir soal pilihan ganda dan lembar observasi untuk menghitung aktivitas siswa. Analisis data hasil belajar menggunakan ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal, sehinnga di dapatkan rata-rata prestasi aktivitas belajar siswa pada siklus 1 sebesar 73, dan untuk hasil belajar sebesar 79 sedangkan pada siklus 2 aktivitas belajar siswa sebesar 96 dan untuk hasil belajar siswa sebesar 93. Sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajran kooperatif tipe Numbered Heads together (NHT ) dapat meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa kelas IV SD Islam Darussalam tahun Pealajaran 2012 / 2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Kooperatif Tipe numbered Heads Together ( NHT , Prestasi Belajar, dan Aktivitas belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:13
Last Modified: 03 Oct 2018 02:13
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8254

Actions (login required)

View Item View Item