PARIMAWATI, PARIMAWATI (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SDN 1JURANG JALER TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI SIAP DI UJI (Repaired).docx Restricted to Repository staff only Download (279kB) |
Abstract
Pembelajaran Kooperatif , Meningkatkan Hasil Belajr siswa Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK),yang dilaksanakan dalam 2 siklus.setiap siklus terdiri dari:(1) perencanaan,(2) pelaksanaan tindakan,(3) observasi dan evaluasi, dan(4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, skor kegiatan guru pada siklus I yakni 14 meningkat menjadi 18 pada siklus II, sedangkan skor aktivitas siswa pada siklus I yakni 14,4 meningkat menjadi 15, 6 pada siklus II. Untuk hasil belajar pada siklus I ini nilai rata-rata yakni 59,4 dengan 15 orang siswa (60%) tuntas dan 10 orang siswa (40%) tidah tuntas dari 25 siswa. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa yakni 69,2 dengan 20 orang siswa (83%) tuntas dan 4 orang siswa (17%) tidak tuntas dari 24 siswa. Dari hasil yang diproleh dalam penelitian ini dapat di simpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams games tournament) dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa Kelas V SDN 1 Jurang Jaler tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pembelajaran Kooperatif , Meningkatkan Hasil Belajr siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 03 Oct 2018 02:13 |
Last Modified: | 03 Oct 2018 02:13 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8255 |
Actions (login required)
View Item |