PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 7E TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK SMAN 1 PRINGGABAYA TAHUN AJARAN 2015/2016

ABDI, CAMALIA OKTAMISARI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 7E TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK SMAN 1 PRINGGABAYA TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 7E terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar biologi peserta didik SMA Negeri 1 Pringgabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pringgabaya. Sampel ditentukan melalui tehnik purposive sampling sehingga diperoleh 2 kelas sampel yakni kelas XI IPA 3 (kelas eksperimen) dan XI IPA 4 (kelas kontrol). Analisis data penelitian ini terdiri dari uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Data dalam penelitian ini terdistribusi normal dan varian data bersifat homogen. Uji hipotesis dianalisis dengan uji-t pooled varians dan uji korelasi product moment pada taraf signifikan 5%. Analisis data sikap ilmiah menunjukkan thitung (3,613) > ttabel (1,671) dan data hasil belajar menunjukkan thitung (2,694) > ttabel (1,671). Data sikap ilmiah peserta didik menunjukkan bahwa sikap ilmiah peserta didik berada dalam kategori sangat tinggi (91,90 %), sedangkan data hasil belajar menunjukkan rhitung (0,853) > rtabel (0,324). Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa model pembelajaran siklus belajar (learning cycle) 7E berpengaruh terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar peserta didik SMA Negeri 1 Pringgabaya.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil Belajar, Model Pembelajaran Siklus Belajar 7E, Sikap Ilmiah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 06 Oct 2018 01:52
Last Modified: 06 Oct 2018 01:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8261

Actions (login required)

View Item View Item