KOMPETENSI PENGAWAS SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI DI KOTA BIMA

S U A E B, S U A E B (2018) KOMPETENSI PENGAWAS SEKOLAH DALAM PELAKSANAAN SUPERVISI PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI DI KOTA BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
TESIS LENGKAP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan kegiatan supervisi di tingkat sekolah sekarang ini masih menemui banyak permasalahan, diantaranya pelaksanaan supervisi yang belum menyentuh sasaran dan cenderung bersifat administratif. Salah satu faktor penyebabnya adalah kompetensi pengawas yang masih rendah sebagai pelaksana supervisi. Penelitian ini difokuskan pada masalah kompetensi pengawas sekolah dalam pelaksanaan supervisi pada SMA Negeri di Kota Bima, yaitu: (1) kompetensi supervisi manajerial, dan (2) kompetensi supervisi akademik. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan tentang kompetensi supervisi manajerial dan kompetensi supervisi akademik pengawas sekolah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah pengawas sekolah, sementara informan adalah kepala sekolah, guru, mantan pengawas, pengamat, dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Bima. Hasil penelitian menemukan: (1) dilihat dari pemahaman terhadap konsep supervisi manajerial, studi ini menemukan: pengawas sekolah memahami konsep dari supervisi manajerial yang ada. Namun, dari subtansi aspek yang disupervisi, pelaksanaan supervisi manajerial lebih banyak menekankan pada aspek administrasi, yaitu pemeriksaan dan evaluasi dokumen yang dimiliki oleh kepala sekolah. Adapun peran pengawas dalam pengembangan manajemen sekolah sangat terbatas. Pengawas belum mampu mengambil peran strategis, seperti: (a) mengidentifikasi dan menganalisis kondisi sekolah (kekuatan dan kelemahan sekolah), (b) menyusun rencana pengembangan sekolah berdasarkan potensi sekolah, dan (c) menyusun program pembinaan kepala sekolah berdasarkan masalah yang dihadapi oleh kepala sekolah. (2) dilihat dari pemahaman terhadap konsep supervisi akademik, studi ini menemukan bahwa pengawas yang ada memahami konsep dasar supervisi akademik. Namun, program tindak lanjut hasil supervisi akademik belum dapat dilakukan secara optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kompetensi, Pengawas Sekolah, Supervisi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 06 Oct 2018 01:52
Last Modified: 06 Oct 2018 01:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8263

Actions (login required)

View Item View Item