PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF PADA KELAS IV SDN 31 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013

HAERIANA, LINA (2013) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF PADA KELAS IV SDN 31 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ISI SKRIPSI OKE.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi rendahnya penilaian keterampilan menulis di SDN 31 Mataram terutama pada menulis paragraf. Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca dan menulis merupakan model pembelajaran khusus mata pelajaran bahasa Indonesia . Tujuannya adalah untuk menemukan ide pokok, pokok pikiran, atau tema sebuah wacana. Paragraf dalam penelitian ini adalah seperangkat kalimat tersusun logis sistematis yang merupakan satu kesatuan ekspresi, pikiran yang relevan dan mendukung pikiran pokok yang tersirat dalam keseluruhan karangan. Penelitian ini jenisnya yaitu : Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terbagi dalam tahap perencanaan, tindakan, observasi dan evaluasi, refleksi. Setiap siklus dilaksanakan dalam 2 x pertemuan, hasil penelitian menunjukkan Aktifitas siswa siklus I pertemuan pertama dengan rata-rata 72, pertemuan kedua dengan rata-rata 79.Aktifitas siswa siklus II pertemuan pertama dengan rata-rata 85, pertemuan kedua dengan rata-rata 90. Aktiifitas guru siklus I pertemuan pertama dengan rata-rata 65, pertemuan kedua dengan rata-rata 75,aktifitas guru siklus II pertemuan pertama dengan rata-rata 85, pertemuan kedua 86. Hasil belajar siswa siklus I 76 %, hasil siklus II 92 %. Berdasarkan data tersebut maka Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca Dan Menulis dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf pada kelas IV SDN 31 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Paragraf, Kooperatif Terpadu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Oct 2018 01:52
Last Modified: 06 Oct 2018 01:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8271

Actions (login required)

View Item View Item