RUSLIATI, RUSLIATI (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TELAGAWARU MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKREPSI RUS.docx Restricted to Repository staff only Download (839kB) |
Abstract
Pencapaian nilai Bahasa Indonesia dikelas V SDN 2 Telagawaru masih belum mencapai standar ketuntasan khususnya di keterampilan berbicara. Rendahnya nilai iti disebabkan oleh ( 1 ) Keterampilan Berbicara hasilnya masih jauh dari harapan ( dibawah nilai KKM ). ( 2 ) Rata – rata nilai kemampuan berbicara siswa ( khususnya kelas V ) masih rendah, hanya 31,25 %. Tujuan dari penelitian ini adalah “ Menerapkan Strategi Modeling Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V SDN 2 Telagawaru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2013 / 2014.Dan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, tahap evaluasi, dan tahap refleksi. Pelaksanaan masing – masing siklus terdiri atas 3 kali pertemuan.Pada akhir penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa siklus I dan II cukup baik.Nilai rata – rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 61,42 sedangkan pada siklus II adalah 84,37. Sedangkan hasil belajar siswa siklus I mencapai ketuntasan klasikal 31,25 dan siklus II 87, 5 %. Dan dengan melihat keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi modeling dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V SD Negeri 2 Telagawaru Mata Pelajara Bahasa Indonesia tahun pelajaran 2013 / 2014.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Penerapan, Strategi Modeling, Kemampuan berbicara. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 06 Oct 2018 01:50 |
Last Modified: | 06 Oct 2018 01:50 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8298 |
Actions (login required)
View Item |