PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN TOLOT-TOLOT TAHUN PELAJARAN 2013/2014

PARINI, DESI HAMNISA DWI (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BUZZ GROUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN TOLOT-TOLOT TAHUN PELAJARAN 2013/2014. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
2.BAB I,II,III,IV,V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)

Abstract

Latar belakang Penelitian ini di laksanakan karena permasalahan yang dihadapi siswa di SDN Tolot-Tolot karena rendahnya hasil belajar siswa yang memiliki nilai rata-rata dibawah KKM dan kurang menggunakan metode dan strategi pembelajaran.Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode penerapan strategi pembelajaran BUZZ GROUP untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN Tolot-Tolot tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah observasi dan hasil tes yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II .Hal-hal yang diobservasi pada penelitian ini adalah aktifitas yang dilakukan guru dan siswa dalam pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran Buzz Group dengan pokok bahasan pembulatan bilangan dalam satuan,puluhan,ratusan terdekat.penelitian aktifitas guru dilakukan melalui observasi langsung (directed observation) dimana seorang guru yang sedang mengajar diobservasi langsung oleh seorang observer.sedangkan tes yang diberikan pada penelitian ini berupa tes soal pilihan dan Isay untuk mengukur hasil kegiatan siswa.Setelah menggunakan strategi pembelajaran Buzz Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilihat peningkatan dari siklus I ke siklus II.Tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observer evaluasi, dan refleksi. Data kegiatan guru dan aktivitas siswa diperoleh dengan lembar observasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dengan tes efaluasi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I hasil obervasi aktivitas guru 78 dengan kategori baik,hasil observasi aktifitas siswa 67 dengan kategori baik,dan hasil evaluasi siswa nilai rata-rata 68, ketuntasan belajar 70% sedangkan standar persentase ketuntasan adalah 85% sehingga dilakukan penelitian siklus II yaitu hasil obervasi aktivitas guru 86 dengan kategori sangat baik, dan hasil observasi aktifitas siswa 86 dengan kategori sangat aktif, dan hasil evaluasi siswa nilai rata-rata 68,ketuntasan belajar 90%.dilihat dari siklus I dan siklus II maka dapat terlihat kenaikan yang signifikan yaitu meningkat .hasil obervasi aktivitas guru siklus I ke siklus II peningkatannya 8,dengan kategori sangat baik, hasil observasi siswa siklus I ke siklus II peningkatannya 19 dengan kategori sangat aktif, dan hasil evaluasi siswa nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II peningkatannya 8,ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II meningkat 20%. Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan penerapan strategi pembelajaran Buzz Group dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SDN Tolot-Tolot Tahun pelajaran 2013/2014 pokok bahasan Melakukan Operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah disimpulkan berhasil sesuai dengan tujuan yang di inginkan yaitu meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran Buzz Group, hasilbelajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Oct 2018 01:50
Last Modified: 06 Oct 2018 01:50
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8299

Actions (login required)

View Item View Item