PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG PERKALIAN SEBAGAI PENJUMLAHAN BERULANG PADA SISWA KELAS II SDN 10 JEROWARU TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Rosmawenti, Baiq (2013) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG PERKALIAN SEBAGAI PENJUMLAHAN BERULANG PADA SISWA KELAS II SDN 10 JEROWARU TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
1. Bag. Awal.docx
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)

Abstract

Baiq Rosmawenti E1E111021 Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Tentang Perkalian Sebagai Penjumlahan Berulang Pada Siswa Kelas II SDN 10 Jerowaru Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi, Mataram : Program Sarjana, Universitas Mataram (UNRAM), 2013. Pembimbing I (Nurhasanah, M. Pd.) dan pembimbing II (M. Liwa Ilhamdi, M.Si). Dalam penelitian ini terdapat tujuan yakni untuk meningkatkan pemahaman belajar matematika pada pokok bahasan perkalian sebagai penjumlahan berulang pada siswa kelas II SD Negeri 10 Jerowaru Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2012-2013 melalui penggunaan media gambar. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 di SDN 10 Jerowaru. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran Matematika pada semester 2 (Genap) pokok bahasan perkalian sebagai penjumlahan berulang pada siswa kelas 2 SDN 10 Jerowaru Kabupaten Lombok Timur dengan menggunakan media gambar. disamping itu penggunaan media gambar dapat membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran. Tingkat pemahaman siswa tentang Matematika pokok bahasan perkalian sebagai penjumlahan berulang pada siswa meningkat dengan menggunakan media gambar yang hasilnya seperti data sebagai berikut : Pada siklus I: Siswa yang tuntas dalam pembelajaran adalah 13 dari 24 siswa atau 54% dan siswa yang tidak tuntas dalam pembelajaran adalah 11 dari 24 siswa atau 46%. Pada siklus II: Siswa yang tuntas dalam pembelajaran sebanyak 21 dari 24 siswa atau 87,5%. Siswa yang tidak tuntas adalah 3 dari 24 siswa atau 12,5% Hal ini menunjukan bahwa pencapaian ketuntasan secara klasikal sebesar 85% sudah tercapai. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang pada siswa kelas 2 SDN 10 Jerowaru Kabupaten Lombok Timur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media gambar dan Peningkatan Pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Oct 2018 01:49
Last Modified: 06 Oct 2018 01:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8327

Actions (login required)

View Item View Item