PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS I MI. NURUL ISLAM GANTI KEC. PRAYA TIMUR KAB. LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Yuliarti, Bq (2013) PENGGUNAAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS I MI. NURUL ISLAM GANTI KEC. PRAYA TIMUR KAB. LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)

Abstract

Rendahnya minat baca siswa diakibatkan metode mengajar guru yang masih monoton, guru tidak pernah menggunakan media saat pembelajaran berlangsung, kurang melibatkan siswa, sehingga siswa tidak tetarik dan tidak termotivasi untuk mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan media kartu huruf dapat meningkatkan minat baca siswa kelas I MI Nurul Islam Ganti. Berdasarkan rumusan masalah maka peneliti menyimpulkan dan memberikan solusi sebagai pemecahan masalah yakni dengan menerapkan media kartu huruf kepada siswa kelas 1 MI Nurul Islam Ganti. Tujuan penelitian ini adalah ingin meningkatkan minat baca siswa kelas I MI Nurul Islam Ganti melalui media kartu huruf. Hasil dari observasi awal, hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I masih rendah bila dilihat dari hasil tes formatif siswa yang dicapai dengan rata-rata 56,67 masih tergolong rendah atau masih dibawah KKM staandar sekolah yang sudah ditetapkan yaitu 70. Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah model pembelajaran yang diterapkan guru cendrung tidak mengaktifkan siswa, guru tidak pernah menggunakan media pembelajaran yang lain sehingga siswa tidak tertarik dan termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Untuk memecahkan masalah di atas peneliti menggunakan media kartu huruf. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi akivitas guru dan observasi aktivitas minat baca siswa dan juga mengunakan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas minat baca siswa pada siklus I rata-ratanya adalah 7,33 dengan kategori aktif dan pada siklus II rata-ratanya meningkat menjadi 8,67 dengan kategori sangat aktif . Adapun data hasil belajar siswa pada siklus I rata-ratanya 67,50 dan belum memenuhi KKM untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 75,00 dan telah mencapai KKM untuk pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa menggunakan media kartu huruf dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas I MI Nurul Islm Ganti tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media kartu huruf dan minat baca.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Oct 2018 01:49
Last Modified: 06 Oct 2018 01:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8328

Actions (login required)

View Item View Item