AN ANALYSIS OF TEACHER INSTRUCTIONAL SCAFFOLDING TALK (TIST) IN ENGLISH CLASSROOM: A Case Study at Second Grade of SMPN 11 Mataram

APRIANI, BAIQ LISDIANA (2015) AN ANALYSIS OF TEACHER INSTRUCTIONAL SCAFFOLDING TALK (TIST) IN ENGLISH CLASSROOM: A Case Study at Second Grade of SMPN 11 Mataram. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JOURNAL.pdf

Download (660kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengamati jenis TIST yang paling sering digunakan oleh guru bahasa Inggris di SMP kelas dua dan untuk mencari tahu frekuensi penggunaan TIST tersebut dalam bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan di beberapa kelas yang dipilih secara acak di kelas 2 SMPN 11 Mataram. Data dari penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan rekaman. Guru tersebut menggunakan sepuluh jenis TIST: memberikan instruksi, bertanya, mengundang partisipasi siswa, memperagakan, menjelaskan, mengklarifikasi, memberikan upan balik, mengulas, memberikan dorongan, dan meminta perhatian. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis TIST yang paling sering digunakan oleh guru tersebut adalah memberikan instruksi dengan jumlah total 287 frase dari 830 frase. Dia mampu memberikan instruksi dengan sederhana dan jelas. Selanjutnya, frekuensi TIST dalam bahasa Inggris yang digunakan oleh guru tersebut adalah di bawah 50%, yang berarti bahwa guru tersebut lebih sering menggunakan jenis TIST dalam bahasa Indonesia dari pada bahasa Inggris. Jadi, hal itu menunjukkan bahwa kemampuan guru tersebut menggunakan TIST dalam bahasa Inggris adalah rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): TIST, Instruksional dan Ruang Kelas Bahasa Inggris
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 08 Oct 2018 02:08
Last Modified: 08 Oct 2018 02:08
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8353

Actions (login required)

View Item View Item