PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 28 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013

LA’ALI, IZZUL FATHURRONY (2013) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 28 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dimiliki oleh siswa kelas V SDN 28 Cakranegara adalah kurangnya keterampilan siswa dalam menyimak suatu cerita yang disebabkan beberapa factor yakni di dalam kelas guru hanya menyampaikan cerita secara lisan dan teks yang berisi cerita. Akibatnya kegiatan pembelajaran menjadi kurang efektif dan cenderung membuat siswa menjadi jenuh. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki dan memberikan inovasi terhadap penggunaan media dalam meningkatkan keterampilan menyimak isi cerita siswa kelas V SDN 28 Cakranegara. Hasil penelitian keterampilan menyimak siswa pada siklus I dan siklus II dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 53,3 dan 80 pada siklus II sehingga mengalami peningkatan 26,7 . Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I yaitu sebanyak 11 orang siswa, sedangkan pada siklus II sebanyak 24 orang siswa. Sedangkan Jumlah siswa yang tidak tuntas pada siklus I yaitu 15 orang, dan pada siklus II hanya 2 orang siswa. Peningkatan dari masing-masing aspek yang dinilai yakni (1) menentukan latar cerita pada siklus I mencapai 73% meningkat menjadi 94% pada siklus II, terjadi peningkatan 21%, (2) menentukan tokoh dalam cerita pada siklus I mencapai 69% meningkat menjadi 94% pada siklus II, terjadi peningkatan 25%, (3) Menentukan watak masing-masing tokoh pada siklus I mencapai 62% meningkat menjadi 89% pada siklus II, trjadi peningkatan 27%, (4) Menceritakan kembali dengan bahasa sendiri pada siklus I mencapai 58% meningkat menjadi 76% pada siklus II, terjadi peningkatan 18%, (5) Menentukan pesan/amanat dalam cerita pada siklus I mencapai 53% meningkat menjadi 62% pada siklus II, terjadi peningkatan 9%. Sedangkan skor ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 42,30%, dan siklus II adalah 92,30%. Ketuntasan belajar secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 50%. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini dinyatakan tuntas karena telah tercapainya seluruh indikator pembelajaran melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menyimak cerita melalui media audio visual siswa kelas V SDN 28 Cakranegara Kota Mataram tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan Menyimak Cerita, Media Video Animasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Oct 2018 02:06
Last Modified: 08 Oct 2018 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8380

Actions (login required)

View Item View Item