MURSID, TINA HANDAYANI (2013) PENGGUNAAN MEDIA VISUAL UNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SEMESTER II SDN 2 SOKONG TANJUNG TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
TINA skripsi ru gitu.doc Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV di SDN 2 SokongTanjung Tahun Ajaran 2009/2010 dengan menggunakan media visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Data prestasi belajar bersumber dari siswa yang diambil dengan menggunakan tes tertulis, sedangkan data aktivitas siswa dan guru diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Hasil penelitian tindakan kelas selama 2 siklus selalu mengalami peningkatan prestasi belajar, aktivitas siswa dan guru. Pada siklus I dan II aktivitas siswa mengalami peningkatan dari 38,5 menjadi 45,6. Sedangkan untuk aktivitas guru mengalami peningkatan dari 31,8 pada siklus I menjadi 45,9 pada siklus II. Dan untuk data prestasi belajar siswa mengalami peningkatan, rata-rata nilai siswa sebesar 68,43 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 64% pada siklus I menjadi 91,6 dengan persentase ketuntasa klasikal sebesar 100%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan menggunakan media visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV semester II di SDN 2 Sokong Tanjung Tahun Ajaran 2009/2010.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Prestasi belajar, Media visual |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 02:06 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 02:06 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8381 |
Actions (login required)
View Item |