PENGGUNAAN METODE BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF (ACTIVE KNOWLEDGE SHARING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV SDN 5 SANDIK TAHUN AJARAN 2012/2013

ZAMHARIRAA, SITI (2013) PENGGUNAAN METODE BERBAGI PENGETAHUAN SECARA AKTIF (ACTIVE KNOWLEDGE SHARING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SAINS PADA SISWA KELAS IV SDN 5 SANDIK TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
IRA_SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum tercapainya KKM (kriteria ketuntasan minimal) pada mata pelajaran sains yaitu 65 yang salah satu penyebabnya guru tidak menggunakan metode-metode pembelajaran yang inovatif dalam menyampaikan materi pelajaran, dan berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari latar belakang tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode berbagi pengetahuan secara aktif (active knowledge sharing) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar sains pada siswa kelas IV SDN 5 Sandik tahun pelajaran 2012/2013?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV melalui penggunaan metode berbagi pengetahuan secara aktif (active knowledge sharing) pada pelajaran IPA SDN 5 Sandik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dalam dua siklus, dengan melalui 4 tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 20 orang. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah apabila aktivitas siswa minimal berkategori aktif dan aktivitas guru minimal berkategori baik serta ketuntasan belajar klasikal tercapai, yaitu ≥ 85% memperoleh nilai ≥ 65. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor indikator aktivitas siswa pada siklus I adalah 11,815 dengan kategori aktif dan rata-rata nilai siswa adalah 74 dengan persentase ketuntasan klasikal 75%, sedangkan pada siklus II rata-rata skor aktivitas siswa adalah 13,31 dengan kategori aktif dan rata-rata nilai siswa adalah 82,5 dengan persentase ketuntasan klasikal 90%. Rata-rata nilai siswa pada siklus II sudah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, hal ini disebabkan karena siswa aktif mengolah informasi dan menemukan konsep melalui lembar kerja. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode berbagi pengetahuan secara aktif (active knowledge sharing) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode berbagi pengetahuan secara aktif, aktivitas dan hasil belajar sains.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 08 Oct 2018 02:06
Last Modified: 08 Oct 2018 02:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8382

Actions (login required)

View Item View Item