PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA MATERI KOLOID SMAN 1 GERUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

AFRIYANTI, ULFA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA MATERI KOLOID SMAN 1 GERUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL ULFA AFRIYANTI.pdf

Download (521kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scramble berbantuan media peta konsep terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA materi koloid SMA Negeri 1 Gerung tahun ajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan penelitian Post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gerung tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran Scramble berbantuan media peta konsep sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik uji-t menunjukan thitung lebih besar ttabel nilainya masing masing 2,19 dan 1,67 pada taraf signifikan 5% sehingga Ho ditolak yang artinya model pembelajaran Scramble berbantuan media peta konsep memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA materi koloid SMA Negeri 1 Gerung tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran Scramble, media peta konsep dan hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 08 Oct 2018 04:06
Last Modified: 08 Oct 2018 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8417

Actions (login required)

View Item View Item