PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH SECARA KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI KOLOID SISWA KELAS XI IPA SMAN 7 MATARAM

RAHMAH, SITI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH SECARA KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI KOLOID SISWA KELAS XI IPA SMAN 7 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SITI RAHMAH.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pemecahan masalah secara kreatif terhadap hasil belajar kimia pada materi koloid siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram tahun ajaran 2017/2018. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan gain uji-t. Hasil statistik gain uji-t menunjukkan thitung (2,26) > ttabel (1,67) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih baik dari penerapan model pemecahan masalah secara kreatif terhadap hasil belajar kimia pada materi koloid siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran pemecahan masalah secara kreatif, hasil belajar, materi koloid
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 08 Oct 2018 04:06
Last Modified: 08 Oct 2018 04:06
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8419

Actions (login required)

View Item View Item