PENGARUH MODUL PRAKTIKUM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA

WAHYURAMDANI, SELLY (2018) PENGARUH MODUL PRAKTIKUM BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL selly.pdf

Download (428kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, keefektifan dari modul praktikum berbasis problem based learning pada mata pelajaran kimia di kelas X yang sudah dikembangkan. Penelitian menggunakan metode R&D (Research and Development) model 4D. Subjek penelitian pada uji coba skala kecil terdiri dari dua dosen pendidikan kimia dan satu guru kimia SMA NW Narmada sebagai pengujian kelayakan modul praktikum sebesar 93,4 % (kriteria sangat valid), penilaian penyajian modul praktikum sebesar 91,66 % (sangat valid), penilaian kelayakan isi modul praktikum sebesar 86,11 % (sangat valid), dan penilaian kebahasaan modul praktikum sebesar 87,5 % (sangat valid), 25 siswa kelas X IPA 1 SMA NW Narmada sebagai pengujian kepraktisan modul praktikum sebesar 85,14 % (sangat praktis) dan pengujian keefektifan modul praktikum diperoleh dari hasil aktivitas siswa sebesar 87,5 % (kriteria sangat baik) serta keberhasilan hasil belajar siswa sebesar 80,8 % (kriteria sangat efektif). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa modul praktikum berbasis problem based learning pada mata pelajaran kimia di kelas X SMA yang dikembangkan layak, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pengembangan, modul praktikum, problem based learning
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 08 Oct 2018 04:05
Last Modified: 08 Oct 2018 04:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8424

Actions (login required)

View Item View Item