PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA KARTU MOL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETRI SISWA KELAS X MIA SMAN 3 MATARAM

SEPTIANA, ELYS TRI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA KARTU MOL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETRI SISWA KELAS X MIA SMAN 3 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Jurnal Elys Tri Septiana.pdf

Download (540kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Talking Stick berbantuan media kartu mol terhadap hasil belajar kimia pada materi stoikiometri siswa kelas X MIA SMAN 3 Mataram tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment dalam bentuk post-test only nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini meliputi siswa kelas X MIA SMAN 3 Mataram. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah dengan metode purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media kartu mol sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistik uji-t thitung pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari pada ttabel (2,56 dan 1,99 berurutan) yang berimplikasi Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih baik dari penerapan model pembelajaran Talking Stick berbantuan kartu mol terhadap hasil belajar kimia pada materi stoikiometri siswa kelas X MIA SMAN 3 Mataram tahun ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Talking Stick, media kartu mol dan materi stoikiometri.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Saprudin Saprudin
Date Deposited: 08 Oct 2018 04:05
Last Modified: 08 Oct 2018 04:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8429

Actions (login required)

View Item View Item