MARTINA, DEWI (2016) ANALISIS PEMASARAN BAWANG MERAH DI KECAMATAN WANASABA KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.
|
Text
JURNAL DEWI MARTINA C1G012043.pdf Download (253kB) | Preview |
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Saluran pemasaran bawang merah yang ada di Kacamatan Wanasaba adalah: Petani–PPD–Pengecer- Konsumen Akhir. (2) Struktur pasar bawang merah pada tingkat Pedagang Pengumpul Desa (PPD) dan Pedagang Pengecer bersifat oligopsonistik. (3) Hasil analisis perilaku pasar bawang merah Kacamatan Wanasaba yaitu: keterpaduan pasar secara vertikal, terdapat hubungan harga yang berarti antara kedua desa X dan Y atau dan keterpaduan pasar secara horizontal, bahwa perubahan harga di ingkat konsumen dapat ditransmisikan secara sempurna ke tingkat petani atau pemasaran bawang merah terpadu. (4) Hasil analisis kinerja pasar: pada saluran pemasaran bawang merah di Kecamatan Wanasaba terdapat Margin pemasaran sebesar Rp. 4.400, Share harga sebesar 55% (dibawah 60%, ) artinya tidak efisien dan distribusi keuntungan sebesar 0,15 (dibawah 0,5) artinya tidak efisien. Secara umum, pemasaran bawang merah di Kecamatan Wanasaba Kabupaten Lombok Timur tidak efisien, karena Share Harga dan Distribusi Keuntungan tidak memenuhi kriteria efisiensi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Saluran pemasaran, Struktur Pasar, Keterpaduan Pasar, Kinerja Pemasaran |
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Fakultas Pertanian |
Depositing User: | M Jafar Jafar |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 04:05 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 04:05 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8438 |
Actions (login required)
View Item |