ANALISIS PEMASARAN PRODUK AGROINDUSTRI KERIPIK SUKUN DI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Taufik, Rosehan (2016) ANALISIS PEMASARAN PRODUK AGROINDUSTRI KERIPIK SUKUN DI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Artikel KS.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui saluran pemasaran keripik sukun, mengetahui efisien atau tidaknya saluran pemasaran keripik sukun, dan mengetahuimasalah/hambatan yang dihadapi dalam pemasaran keripik sukun di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk keripik sukundi Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat dalam pemasarannya melalui dua saluran pemasaran, yaituSaluran Pemasaran I (Produsen – Pedagang Pengumpul – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir) dan Saluran Pemasaran II (Produsen – Pedagang Pengecer – Konsumen Akhir).Kedua saluran pemasaran keripik sukun tersebut sudah efisien, yaitu saluran pemasaran I dengan margin sebesar Rp. 15.713,34/kg, share produsen sebesar 71,98% dan distribusi keuntungan sebesar 0,92, dan saluran pemasaran II dengan margin sebesar Rp. 12.925,51/kg, share produsen sebesar 77,27% dan distribusi keuntungan sebesar 1,00.Permasalahan/hambatan yang dihadapi produsen keripik sukun di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat dan lembaga pemasarannya yaitu produksi yang tidak berkesinambungan karena bahan baku yang bersifat musiman dan faktor modal usaha yang terbatas. Kata Kunci:

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keripik Sukun, Saluran, Efisiensi, Pemasaran.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 08 Oct 2018 04:05
Last Modified: 08 Oct 2018 04:05
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8441

Actions (login required)

View Item View Item