ANALISIS USAHA DAN PEMASARAN AGROINDUSTRI NATA DE COCO DI KOTA MATARAM (Studi Kasus pada Agroindustri Nata De Coco Rumah Nasifa)

Sukanda, Indra (2016) ANALISIS USAHA DAN PEMASARAN AGROINDUSTRI NATA DE COCO DI KOTA MATARAM (Studi Kasus pada Agroindustri Nata De Coco Rumah Nasifa). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL 2016.pdf

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pendapatan agroindustri nata de coco. (2) Tingkat kelayakan usaha agroindustri nata de coco. (3) Saluran pemasaran dan segmentasi pasar nata de coco. (4) Kendala-kendala yang dihadapi produsen dalam menjalankan usahanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa agroindustri nata de coco “Rumah Nasifa” untuk satu kali proses produksi nata de coco (product mixed) mengha- silkan sebanyak 42,6 kg dengan kemampuan produksi 4 kali dalam sebulan. Sehingga pendapatan per bulan yang diperoleh sebesar Rp. 343.649,12 dengan R/C ratio sebesar 1,27, artinya usaha tersebut layak untuk diusahakan. Break Event Point dari agroindustri nata de coco “Rumah Nasifa” tercapai ketika penjualan produk (product mixed) nata de coco mencapai 2.406,30 kg atau waktu BEP-nya 14 bulan (satu tahun dua bulan). Saluran pemasaran agroindutri nata de coco “Rumah Nasifa” terdiri dari dua bentuk saluran pemasaran yakni saluran pemasaran langsung dan saluran pemasaran tidak langsung yang dalam hal ini menggunakan jasa perantara pengecer. Segmentasi pasar yang dimiliki oleh produsen, secara geografis meliputi wilayah di sekitar tempat usaha, Gerung, Cakranegara, Narmada dan Lombok Timur. Secara demografi meliputi konsumen dengan kisaran umur anak-anak hingga remaja untuk produk nata jelly dan kisaran umur remaja hingga lansia untuk produk nata netral dan nata manisan. Kendala yang dialami oleh produsen, dikelompokan menjadi dua faktor yakni faktor internal (daya tahan produk dan lingkup pemasaran yang terbatas) dan faktor eksternal (pengaruh pergantian musim dan pesaing). Kata Kunci :

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Nata de Coco, Pendapatan, R/C ratio, Break Event Point, Saluran Pemasaran, Segmentasi Pasar.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 10 Oct 2018 01:15
Last Modified: 10 Oct 2018 01:15
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/8491

Actions (login required)

View Item View Item